Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tutorial Capcut: Kiat Membuat Video Keren dengan Berbagai Fitur

Pada Kamis (6/6), SPARING Sanggar Pelatihan Guru dalam Jaringan SLCC PGRI Jawa Tengah mengadakan Pelatihan EduCut: Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Membuat Video Edukatif dengan CapCut. Pelatihan dengan narasumber Kelik Yan Pradana, S,Pd., M.Pd tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat video edukatif menggunakan aplikasi CapCut.

Dalam pelatihan tersebut, penggunaan CapCut menjadi salah satu topik utama yang dibahas. CapCut adalah aplikasi editing video yang populer di kalangan remaja dan dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. CapCut memiliki fitur-fitur yang dapat mempermudah pengguna dalam mengedit video, seperti merapikan video, memotong video, menambahkan teks, dan memberikan efek teks.

Pelatihan dimulai dengan mengingatkan para peserta untuk menggunakan CapCut dengan baik. Hal ini dilakukan karena seringkali peserta lupa atau belum mengetahui penggunaan aplikasi tersebut dengan baik. Setelah itu, peserta diminta untuk mengecek apakah mereka sudah memiliki akun TikTok. Hal ini dikarenakan TikTok telah memiliki segmen edukasi dan bahkan telah mengeluarkan segmen STEM, sehingga sangat dekat dengan dunia pendidikan.

Pelatihan juga membahas mengenai penggunaan template dalam CapCut. Terdapat tahapan yang perlu dilakukan sebelum membuat video, yaitu memiliki akun TikTok dan mempublikasikan hasil karya pada hari tersebut. Selain itu, peserta juga diingatkan untuk menandai PGRI Jawa Tengah dan pengajar untuk memantau perkembangan peserta.

Pelatihan dilanjutkan dengan membahas fitur-fitur lanjutan dalam CapCut, seperti menambahkan objek tambahan, menjahit bahan video, memotong video, menata video, menambahkan teks, dan efek teks. Ada juga tips pengambilan gambar dan cara menghilangkan watermark atau video templatenya.

Selain itu, pelatihan juga membahas cara membuat video hanya dalam hitungan detik dengan CapCut. Ada dua pilihan yang ditawarkan, yaitu edit lanjut dan membuat video hanya dalam hitungan detik. Peserta diminta untuk memilih salah satu pilihan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini, karena mereka ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat video edukatif yang menarik. Dengan aplikasi CapCut, guru dapat membuat video edukatif dengan mudah dan cepat, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan.

Pelatihan EduCut: Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Membuat Video Edukatif dengan CapCut di SPARING Sanggar Pelatihan Guru dalam Jaringan SLCC PGRI Jawa Tengah pada Kamis (6/6) diharapkan dapat membantu guru untuk lebih terampil dalam membuat video edukatif menggunakan aplikasi CapCut. Diharapkan pula, dengan adanya video edukatif yang menarik, siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan dan dapat meningkatkan prestasi belajar mereka.

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si, Ketua SLCC Jawa Tengah, menjelaskan bahwa SPARING Sanggar Pelatihan Guru dalam Jaringan SLCC PGRI Jawa Tengah adalah tempat di mana guru-guru dari berbagai bidang dapat mengikuti beragam seri belajar dan berbagi bentuk pelatihan. SPARING hadir sebagai fasilitas belajar dan berbagi ide dan praktik baik pembelajaran dan aksi nyata. Materi pelatihan dibuat singkat, relevan, dan praktis agar mudah dipelajari kapan saja dan di mana saja. @sapt

 #tekstovoice #objektambahan #pengambilangambar #capcut

Posting Komentar

0 Komentar