Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

CapCut: Aplikasi Editing Video untuk Konten Kreator

SEMARANG -  SLCC PGRI Jawa Tengah kembali menggelar pelatihan EduCut untuk untuk mengisi ngabuburit para guru pada Kamis, 30 Maret 2023. Pelatihan kali ini membahas tentang penggunaan menggunakan aplikasi CapCut untuk editing video, untuk konten kreator. Penanggung jawab pelatihan, Dr. Saptono Nugrohadi, mengatakan bahwa kemampuan mengedit video menjadi hal yang sangat penting, terutama bagi mereka yang gemar membuat konten video.

"Memiliki kemampuan dalam mengedit video menjadi hal yang sangat penting, terutama bagi guru yang gemar membuat konten video. Salah satu aplikasi yang cukup populer untuk mengedit video adalah CapCut," jelas Saptono. 

Dalam pelatihan ini, Trainer CapCut Kelik Yan Pradana, S.Pd., MM memaparkan tahapan dasar dalam mengedit video menggunakan aplikasi CapCut. Tahapan pertama adalah memulai project di CapCut dengan membuat project baru dan memilih video atau foto yang akan diedit. Tahapan kedua adalah memotong video agar hanya bagian yang ingin digunakan yang dipertahankan. Tahapan ketiga adalah membagi dan resize video. Sedangkan tahapan keempat adalah menghapus bagian yang tidak diperlukan. Setelah selesai mengedit video, tahapan kelima adalah mengekspor video tersebut.

Menurut Kelik Yan Pradana, S.Pd., MM, CapCut adalah salah satu aplikasi yang cukup populer untuk mengedit video. Dalam menggunakan CapCut, perlu ketelitian dan kesabaran agar video yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan menarik. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu para guru dalam mengedit video dengan aplikasi CapCut. Di bawah ini adalah beberapa tahapan dasar dalam mengedit video menggunakan aplikasi CapCut.

Tahapan Pertama: Memulai Project
Pertama, kita harus memulai project di CapCut. Caranya sama seperti memulai project di aplikasi edit video lainnya, seperti Kinemaster dan yang lainnya. Kita mulai dengan membuat project baru. Setelah itu, kita diminta untuk memilih video mana yang akan diedit. Jika tidak ada video yang bisa digunakan, kita bisa menggunakan foto. Setelah memilih video atau foto, kita bisa mulai mengedit.

Tahapan Kedua: Memotong Video
Memotong video merupakan hal yang sangat penting dalam mengedit video. Seperti ketika kita menjahit, kita perlu memotong pola. Begitu juga ketika mengedit video, kita perlu memotong video agar hanya bagian yang ingin digunakan yang dipertahankan. Misalnya, ketika kita merekam video, pasti akan ada bagian yang tidak kita inginkan seperti countdown 3-2-1 atau bagian awal. Hal ini perlu kita hilangkan dengan menggunakan fitur yang tersedia di timeline.

Tahapan Ketiga: Membagi dan Resize Video
Setelah kita memotong video, langkah selanjutnya adalah membagi dan resize video. Fitur ini sangat berguna ketika kita ingin membagi video menjadi beberapa bagian atau mengubah tampilan ukuran video. Kita bisa menggunakan dua jari untuk men-zoom atau mengecilkan video di kanvas. Selain itu, kita juga bisa menggunakan fitur resize untuk mengubah ukuran gambar di kanvas.

Tahapan Keempat: Menghapus Bagian yang Tidak Diperlukan
Setelah kita membagi dan resize video, kita perlu menghapus bagian yang tidak diperlukan. Hal ini perlu dilakukan agar video kita terlihat lebih baik. Misalnya, jika ada bagian video yang salah atau terlalu lama, kita bisa memotong dan menghapusnya dengan menggunakan fitur yang tersedia di timeline.

Tahapan Kelima: Export Video
Setelah selesai mengedit video, kita bisa langsung mengekspor video tersebut. Kita bisa menggunakan menu export untuk mengekspor video ke galeri atau membagikan video ke media sosial.

Dalam mengedit video, perlu ketelitian dan kesabaran. Kita perlu memastikan bahwa video yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan menarik. Dengan mengikuti tahapan-tahapan dasar di atas, diharapkan dapat membantu kamu dalam mengedit video dengan aplikasi CapCut.

Pelatihan yang diadakan oleh SLCC PGRI Jawa Tengah ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi para guru dalam menggunakan teknologi digital, khususnya dalam pembuatan konten video. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, guru dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi digital sebagai media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa serta memudahkan proses pembelajaran di kelas.

SLCC atau Smart Learning and Character Center adalah perangkat kelengkapan organisasi PGRI yang bertugas melakukan pengembangan profesi guru dan pendidikan karakter berbasis teknologi informasi. SLCC PGRI Jawa Tengah juga menjadi wadah bagi para guru untuk saling bertukar informasi dan pengalaman dalam pengembangan profesi sebagai guru. Melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan, diharapkan para guru dapat terus mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si, Ketua SLCC Jawa Tengah, menjelaskan bahwa SPARING Sanggar Pelatihan Guru dalam Jaringan SLCC PGRI Jawa Tengah adalah tempat di mana guru-guru dari berbagai bidang dapat mengikuti beragam seri belajar dan berbagi bentuk pelatihan. SPARING hadir sebagai fasilitas belajar dan berbagi ide dan praktik baik pembelajaran dan aksi nyata. Materi pelatihan dibuat singkat, relevan, dan praktis agar mudah dipelajari kapan saja dan di mana saja. @sapt

#capcut #editvideo #tutorial #videografi #contentcreation

Posting Komentar

0 Komentar