Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Merancang Pembelajaran Merrdeka dengan Quizizz

Semarang, Kabar.SLCC – Pelatihan Merancang Pembelajaran Merrdeka dengan Quizizz digelar di Smart Learning and Character Center PGRI Jawa Tengah. Tujuan diadakknya pelatihan ini adalah Bapak Ibu guru peserta pelatihan dapat menciptakan Pembelajaran Merrdeka sebagaimana diamanahkan oleh Kurikulum Merdeka. 

Mengawali pelatihan ini Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. di Semarang, Kamis (2/6/2022) menyampaikan materi tentang Pembelajaran Merrdeka. Menurut Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si sintaks Merrdeka adalah Mulai dari Diri (merefleksikan pengalaman), Eksplorasi Konsep (memantapkan pemahaman), Ruang Kolaborasi (diskusi bersama teman), Refleksi Terbimbing (hal apa yang masih menyulitkan?), Koneksi Antar Materi (mendiskusikan peran) dan Aksi Nyata (apa yang akan saya lakukan?).

"Bapak Ibu guru dilatih merancang pembelajaran Merrdeka dengan memanfaatkan sebuah fitur yang keren dari quizizz untuk mengajar di kelas. Kita dapat mengontrol siswa dalam pembelajaran. Kita dapat menyisipkan materi dan kuis sekaligus dengan berbagai jenis slide yang ada dalam quizizz sehingga membuat pembelajaran menarik, informatif, dan tidak membosankan. Ini dapat diakses secara gratis lho," jelas Saptono.

Lebih dari 149 Bapak Ibu guru dari pelbagai penjuru tanah air ini sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai. Anstusiasme peserta pelatihan juga tampak dari tanggapan yang mereka samapaikan kepada penyelenggara pelatihan Hidupkan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka dengan Quizizz. 

Keterangan gambar : Survei kepuasan peserta pelatihan

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si menunjukkan data bahwa 62% peserta pelatihan merasa sangat puas 35% peserta merasa puas dan 3% lainnya mengatakan cukup puas dengan pelatihan tersebut, . Tanggapan peserta selengkapnya nampak pada grafik berikut ini
Keterangan gambar: Survei kebermanfaatan dan relevansi pelatihan 

Dalam hal relevansi dan kebermanfaatan, sebanyak 67,8% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat relevan, 28,9% menyatakan relevan dan 3,4% menyatakan cukup relevan bagi mereka. 

Baca juga : Hidupkan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka dengan Quizizz

Salah seorang peserta Pelatihan Hidupkan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka dengan Quizizz yaitu Indah Nugrahaeni, S.Pd.SD guru SD Negeri Sidototo menyatakan tanggapannya.

"Pelatihan Merancang Pembelajaran Interaktif dengan Quizizz ini sangat menyenangkan," katanya.

Tanggapan senada juga disampaikan oleh peserta pelatihan lainnya

"Bagus untuk penjelasan materi Mohon waktu nya disesuaikan dgn kegiatan harian guru
Sangat menyenangkan sehingga melalui quizizz,kayaknya anak-anak tambah semangat
bagus dan menarik sekali materinya Lebih ditingkatkan lagi Pemateri luar biasa Semoga ke depan ada pelatihan2 yang lain yg bisa relevan dengan tupoksi guru Sudah bagus Penyampaian materinya sangat bagus terlebih praktik langsung dalam vidio pengerjaan QUIZIZZ. Hebat lebih detil lagi Pelatihan ditambah durasi waktunya"
Keterangan gambar : Kesan dan pesan peserta pelatihan

Membuat Presentasi di Quizizz

Pemateri Rosyidah, S.Pd., memandu Bapak Ibu guru peserta pelatihan tentang Membuat Presentasi di Quizizz Untuk membuat presentasi interaktif di quizizz silahkan login terlebih dahulu ke dalam akun quizizz. Selanjutnya pilih create di sisi kiri dashboard kemudian pilih new lesson

Untuk membuat presentasi interaktif di quizizz silahkan login terlebih dahulu ke dalam akun quizizz teman-teman Selanjutnya pilih create di sisi kiri dashboard kemudian pilih new lesson Selanjutnya masukkan nama/judul pembelajarannya kemudian subjek/mata pelajarannya dan pilih next Akan diarahkan menuju dahboard editor presentasi quizizz Kita dapat menambah slide di presentasi dengan beberapa jenis yaitu Slide teks yang berisi judul, sub judul dan point-point

Slide Media yang bisa kita isi dengan teks dan media berupa gambar, audio, video. untuk audio dan video kita harus menggunakan akun super namun untuk gambar kita bisa dengan akun biasa. Slide embed web page yang bisa kita isi dengan mengembedkan halaman web.

Slide pertanyaan yang bisa kita sisipkan slide berupa pertanyaan. Mengubah Tema Slide. Pertama pilih slides yang akan kita rubah dengan mengklik slides. Kemudian di bagian pojok kanan atas pilih themes maka akan muncul pilihan tema yang bisa kita gunakan untuk mengganti tema slide.

Untuk memasukkan gambar biasa dan gambar bergerak kita dapat memilih icon gambar di bagian bawah slide. Kita bisa memasukkan gambar dari internet maupun dari penyimpanan komputer kita. Untuk akun biasa gambar yang bisa kita cari di internet dibatasi hanya 10 saja, namun bisa kita akali dengan mencari di internet kemudian kita simpan dikomputer kita baru kita upload.

Posting Komentar

0 Komentar