Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bantuan Profesional Smart Learning and Character Center

Foto : Peserta pelatihan sedang mempraktikkan materi pelatihan

Kita sepakat semua guru harus profesional. Itulah sebabnya Program kegiatan PGRI Jateng SLCC (Smart Learning and Character Center) sebagai ajang peningkatan kemampuan profesional guru dengan pembelajaran berbasis teknologi informasi telah dan akan terus melaksanakan kiprahnya.
Profesionalisme guru

Tujuan akhir upaya peningkatan kemampuan profesional guru adalah bertumbuhkembangnya profesionalisme guru. Oleh karena itu, peningkatan kemampuan profesional guru PGRI Jateng SLCC diarahkan pada pembinaan kemampuan dan sekaligus pembinaan komitmennya.

Secara teknis pelatihan-pelatihan PGRI Jateng SLCC ini terutama diarahkan pada teknis pengelolaan pembelajaran dan standar proses dengan berbagai program digital, seperti; pengenalan gafe, membuat akun geogle, membuat soal online, penyajian perangkat pembelajaran berbasis digital. Google mail, Hangout, Google site, Google doc, Google Sheet, Google Calender, Google Drive, Google Classroom, dan Pendidikan Karakter dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi.

Bantuan profesional

Peningkatan kemampuan profesional guru dapat diartikan sebagai upaya membantu guru yang belum matang menjadi matang, yang tidak mampu mengelola sendiri menjadi mampu mengelola sendiri, yang belum memenuhi kualifikasi menjadi memenuhi kualifikasi, yang belum terakreditasi menjadi terakreditasi. Peningkatan kemampuan profesional guru dapat juga diartikan sebagai upaya membantu guru yang belum profesional menjadi profesional. Jadi, peningkatan kemampuan profesional guru di PGRI Jateng SLCC merupakan bantuan profesional.

Oleh karena sekedar bantuan, yang lebih berperan aktif dalam upaya pembinaan itu adalah guru itu sendiri. Artinya, guru itu sendiri yang seharusnya meminta bantuan kepada yang berwenang untuk mendapatkan pembinaan. Sesungguhnya, seberapa relevankah hasil pelatihan ini dengan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) seorang guru.

Foto : Dr. H Bunyamin, M.Pd membuka Pelatihan Pengelolaan Pembelajaran Digital


Drs Suwarno Agung Nugroho MM SMP Negeri 21 Semarang menyatakan sangat relevan. Senada dengan Agung peserta lain Siti Yulaeha dari SMP Negeri 9 Kota Magelang menjelaskan bahwa konten pelatihan PGRI Jateng sangat relevan dengan kebutuhan guru. Walaupun sekedar bantuan, PGRI Jateng SLCC adalah wadah melaksanakan bantuan atau pembinaan tersebut secara profesional.

Fitria Rachmawati SD Negeri 3 Balun Cepu Blora sangat relevan Suhardi, S.Pd.SD SDN Sambiroto 03 Semarang relevan Hary Pangesti SDN Sambiroto 03 Semarang relevan Lusia Sri Hartati, S.Pd TK Kemala Bhayangkari 30 Semarang sangat relevan. (Wis)


Posting Komentar

0 Komentar