Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hidupkan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka dengan Quizizz

 

Semarang, Kabar.SLCC – Pelatihan Hidupkan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka dengan Quizizz digelar di Smart Learning and Character Center PGRI Jawa Tengah. Tujuan pelatihan adalah Bapak Ibu guru peserta pelatihan dapat menciptakan Asesmen Pembelajaran sebagaimana diamanahkan oleh Kurikulum Merdeka. 

Mengawali pelatihan ini praktisi Kurikulum Merdeka Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. di Semarang, Kamis (26/5/2022) menyampaikan materi tentang Asesmen Pembelajaran dan fitur-fiturnya di Platform Merdeka Mengajar. Setelah memahami membuat contoh Asesmen Pembelajaran di Kurikulum Merdeka berbasis Quizizz.

"Bapak Ibu guru peserta pelatihan mendapatkan bimbingan merencanakan Asessmen Pembelajaran dan mampu mewujudkannya dengan bantuan platform Quizizz, menyelenggarakan rencana Asesmen tersebut dan menganalisis hasilnya," jelas Saptono.

Lebih dari 268 Bapak Ibu guru dari pelbagai penjuru tanah air ini sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai. Anstusiasme peserta pelatihan juga tampak dari tanggapan yang mereka samapaikan kepada penyelenggara pelatihan Hidupkan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka dengan Quizizz. 



Keterangan gambar : Survei kepuasan peserta pelatihan

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si menunjukkan data bahwa mayoritas peserta pelatihan merasa sangat puas dengan pelatihan tersebut. Hal ini nampak pada grafik berikut ini



Keterangan gambar: Survei kebermanfaatan dan relevansi pelatihan 

Dalam hal relevansi dan kebermanfaatan, sebanyak 67,7% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat relevan, 28,5% menyatakan relevan dan 3,8% menyatakan cukup relevan bagi mereka. 

Baca juga : Memulai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Salah seorang peserta Pelatihan Hidupkan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka dengan Quizizz yaitu Bapak Mujiono, S.Pd.SD guru SD Negeri Pesawahan menyatakan tanggapannya.

"Dengan mengikuti kegiatan Zoom Meeting tentang pembuatan soal lewat quizizz menjadikan lebih memahami dan lebih mudah dalam membuat soal melalui Quizizz," katanya.

Tanggapan senada juga disampaikan oleh peserta pelatihan lainnya

"Sangat bermanfaat dalam KBM. Sudah cukup baik, semoga kegiatan seperti ini berkelanjutan dalam pemberian tugas diharapkan lebih jelas lagi instruksinya mohon di kirim kan link rekaman, karena selam zoom ada kendala sinyal, terima kasih Semoga waktu dan latihan semakin banyak. Sangat bermanfaat sekali. Sudah bagus Trimakasih....menambah ilmu saya"



Keterangan gambar : Kesan dan pesan peserta pelatihan

Pemateri Rosyidah, S.Pd., memandu Bapak Ibu guru peserta pelatihan tentang Masukkan nama kuis yang akan dibuat. Misalkan "Kuis ASEAN" Pilih bahasa yang digunakan dalam kuis. Masukkan gambar untuk kuis. Gambar ini boleh diisi, boleh tidak. Setelah selesai, klik save.

Masukkan nama kuis yang akan dibuat. Misalkan "Kuis ASEAN". Pilih bahasa yang digunakan dalam kuis. Masukkan gambar untuk kuis. Gambar ini boleh diisi, boleh tidak. Setelah selesai, klik save.

Setelah kuis selesai dibuat, langkah kita selanjutnya adalah memberikan kuis tersebut kepada siswa. Berikut langkah yang harus dilakukan agar kita bisa memberikan kuis tersebut kepada siswa. 

Posting Komentar

0 Komentar