Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mengenal Assemblr Edu untuk Pemulihan Pembelajaran

Semarang, Kabar.SLCC – Smart Learning & Character Center PGRI Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan pelatihan bagi Bapak Ibu guru pada hari Kamis, 31 Maret 2022 dengan tema Mengenal Assemblr Edu untuk Pemulihan Pembelajaran. Pelaksanaan pelatihan mulai 14.00 - 16.30 setelah jam mengajar selesai.

Pemberi materi adalah Assemblr Certified Educator (ACE). Kali ini yang menjadi pemateri adalah Rosyidah, S.Pd. Kak Ros, demikian biasa disapa, adalah guru di Kabupaten Jepara, ACE, dan dikenal sebagai trainer Assemblr Edu. 

Pelatihan mengenal Assemblr Edu untuk Pemulihan Pembelajaran ini bertujuan agar siswa terhindar dari ancaman kehilangan menikmati pembelajaran (learning loss) di era pandemi atau PTM. Karena itu, agar PTM mempunyai nilai diri maka harus dikembangkan sehingga menarik dan efektif.

"Fokus Pelatihan mengenal Assemblr Edu untuk Pemulihan Pembelajaran adalah bagaimana menyiapkan Bapak Ibu guru melakukan pembelajaran yang mendalam bagi siswanya terutama literasi dan numerasi," jelas penanggungjawab program Dr. Saptono Nugrohadi, MPd., M.Si.

Peserta pelatihan yang berjumlah 417 orang dari pelbagai penjuru tanah air ini tampak antusias mengikuti kegiatan hingga selesai. Hal ini tampak dari beberapa umpan balik atau tanggapan yang diterima oleh penyelenggara. 

Keterangan gambar : Survei kepuasan peserta pelatihan

Baca juga : Hidupkan Kelas Merdeka dengan AR

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. memaparkan bahwa dari 417 tanggapan peserta pelatihan yang masuk, 42,9% menyatakan sangat puas, 49,9% menyatakan puas dan 9% cukup puas. Dalam hal relevansi, sebanyak 52% menyatakan bahwa pelatihan ini sangat relevan, 42,2% menyatakan relevan dan 5% menyatakan cukup relevan bagi mereka. 

Keterangan gambar: Survei kebermanfaatan dan relevansi pelatihan 

Tak ayal, pelatihan tersebut pun berhasil menyita perhatian Bapak Ibu guru dan langsung mendapatkan respon dari peserta. Di kolom komentar, peserta pelatihan itu menuliskan tanggapan dan usulannya mengenai pelaksanaan pelatihan seperti :

"Materi yang di berikan selalu bermanfaat buat kami. Luar biasa untuk mendapatkan ilmu baru. Keren"

Keterangan gambar : Usulan dan masukan umum peserta pelatihan

"Terimakasih seminar ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya mengenal AR saat membelikan buku untuk anak saya yg berbasis AR. Dengan pelatihan ini saya dapat lebih mengeksplor pemanfaatan AR ini kedepannya sebagai media pembelajaran."

Dipilihnya Assemblr Edu sebagai tema pelatihan bukan tanpa alasan. Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. yang kerap dipanggil sebagai P Sapt ini menerangkan bahwa saat ini pihaknya berupaya membuat sebuah ekosistem yang memungkinkan guru dan siswa dapat mengakses, membuat, dan berbagi pengalaman Augmented Reality berbasis Assemblr. 

"Augmented Reality berbasis Assemblr membuat siswa dapat menangkap citra 3 dimensi dari benda 2 dimensi. Augmented Reality menampilkan objek belajar secara 3 dimensi," pungkas P Sapt.

Assemblr EDU adalah aplikasi AR yang dibuat khusus untuk keperluan dunia pendidikan. Dengan bantuan teknologi 3D & AR, pengalaman belajar mengajar akan jauh lebih menarik dan menyenangkan.  Assemblr EDU memiliki 4 fitur utama: Kelas, Topik, Scan, dan Profil.

Posting Komentar

0 Komentar