Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Menjadi Guru ACE yang Merdeka Mengajar

 

Semarang, Kabar.SLCC –  Pada pelatihan SLCC Jawa Tengah yang diadakan pada Kamis ( 21/4) menghadirkan narasumber yang terdiri dari:  Rosyidah, S.Pd seorang guru ACE Assemblr Certified Educator dan Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. pelaku Program Sekolah Penggerak. 

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. mengawali dengan menyampaikan tujuan diadakannya Pelatihan  Menjadi Guru ACE yang Merdeka Mengajar merupakan program nyata jati PGRI  sebagai organisasi profesi. Pelatihan diperuntukkan untuk semua Bapak Ibu guru bukan hanya PAUD namun juga pendidikan dasar dan menengah (Dikdas dan Dikmen).  Pelatihan  Menjadi Guru ACE yang Merdeka Mengajar tercetus dari gagasan upaya meningkatkan kapasitas guru dan melalui pengembangan profesi guru dan pendidikan karakter berbasis teknologi informasi. Karena untuk membentuk karakter unggul siswa dibutuhkan peran guru yang signifikan. 

Baca juga : Berkolaborasi Memulihkan Pembelajaran 

Guru memegang peran penting untuk mewujudkan semua itu. Untuk itu SLCC mulai  mengidentifikasi masalah bagaimana caranya agar kualitas guru meningkat melalui program berbasis utama kolaborasi. Dimana guru terpilih bisa bekerjasama menggerakkan teman sejawat untuk sama-sama maju. Kolaborasi dalam rangka peningkatan mutu guru bukan hanya dijalin pada sesama guru, namun juga kepada stakeholder terkait  seperti kepala sekolah, pengawas, orang tua (mewakili komunitas) untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang  luar biasa berkembang.

“Prinsipnya guru bukan hanya menggerakkan namun juga belajar dengan sesama rekan sejawat. Tentu saja dengan mengedepankan pembelajaran berpusat pada siswa. Pelatihan yang dirancang SLCC berbeda dengan pelatihan guru sebelum-sebelumnya, dimana biasanya dalam setiap pelatihan guru, peserta yang dikirim itu-itu saja orangnya dan hasil pelatihan juga sulit diimplementasikan dalam pembelajaran sehari-hari, “ ujar Saptono Nugrohadi.

Untuk itu perlu dibuatkan semacam wadah atau komunitas kegiatan berkelanjutan berupa program Guru ACE yang Merdeka Mengajar yang berbasis komunitas pendidikan. Guru ACE yang Merdeka Mengajar diharapkan akan menjadi pemimpin pembelajaran di kelas dan menjadi penggerak guru lainnya. 

Keterangan gambar : Kepuasan peserta pelatihan

Menurut statistik partisipasi guru lebih dari 200 peserta. Angka kepuasan mengikuti Pelatihan  Menjadi Guru ACE yang Merdeka Mengajar adalah 53% sangat puas 41,6% menyatakan puas dan 5,4% mengaku cukup puas. Saptono menjelaskan, Pelatihan  Menjadi Guru ACE yang Merdeka Mengajar dipersepi relevan dan bermanfaat untuk mendukung peserta melaksanakan TUPOKSI mereka sebagai guru.

“59% peserta menyatakan bahwa Pelatihan  Menjadi Guru ACE yang Merdeka Mengajar sangat bermanfaat dan relevan, 36,7% menyatakan bermanfaat dan 4,2% menyatakan cukup,” papar Saptono.

Narasumber kedua ibu Rosyidah, S.Pd seorang guru ACE Assemblr Certified Educator menyampaikan pandangannya tentang filosofi Assemblr Certified Educator (ACE) adalah komunitas pendidik dari seluruh dunia, dalam misi untuk menciptakan pengalaman mengajar yang lebih baik dengan teknologi AR yang mendalam. 

Keterangan gambar : Manfaat dan relevansi pelatihan

Assemblr Certified Educator adalah untuk guru di seluruh dunia yang menyadari pentingnya teknologi dalam pendidikan dan suka menerapkannya dalam pengalaman mengajar mereka.

“Program Guru ACE Assemblr Certified Educator sangat pas untuk menjawab tantangan mengajar hari ini yang berbeda, dimana siswa yang diajarkan adalah generasi milenial atau post milenial. Jadi tepat sekali arah yang mau dituju Pak Saptono dan SLCC,” jelas Rosyidah, S.Pd guru ACE Assemblr Certified Educator. 

Pelatihan Menjadi Guru ACE yang Merdeka Mengajar tersebut pun berhasil membakar semangat belajar Bapak Ibu guru yang spontan menuliskan tanggapan, kesan dan usulannya. Berikut ini komentar peserta pelatihan mengenai pelaksanaan pelatihan. 

Keterangan Gambar : Tanggapan peserta pelatihan

Terdapat empat tahapan yang harus dilalui untuk menjadi guru ACE. Keempat tahapan itu adalah Pertama Unduh dan daftar di aplikasi Assemblr EDU: Cukup unduh aplikasi Assemblr EDU di App Store atau Play Store. Setelah mengunduh aplikasi, daftar akun di halaman "Daftar". 

Kedua Kunjungi Dasbor ACE! : Silakan kunjungi tautan ini untuk mendaftar dan menjadi anggota komunitas ACE. 

Ketiga Selamat datang di komunitas ACE! Setelah mendaftar, Anda akan menerima email selamat datang yang terdiri dari Kit Guru dan daftar tugas yang dapat Anda capai untuk memperoleh poin untuk menebus sertifikat dan lencana Assemblr Certified Educator Anda. 

Keempat Temui komunitas ACE: Setelah Anda menjadi bagian dari komunitas Assemblr Certified Educator, Anda akan dapat menerima pembaruan dan wawasan dari tim kami melalui milis. Ketika Anda mencapai level 1, Anda akan dapat bergabung dengan grup Whatsapp pribadi ACE Community untuk bertemu dengan anggota ACE lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar