Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Memulai Proyek di Assemblr Studio

Semarang, Kabar.SLCC – "Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka" menyatakan bahwa kegiatan siswa dalam Kurikulum Merdeka terdiri dari intrakurikuler, proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila sendiri dilaksanakan dengan melatih siswa untuk menggali isu nyata di lingkungan sekitar dan berkolaborasi untuk memecahkan masalah tersebut.

Dalam rangka melatih Bapak Ibu guru memahami metode pembelajaran berbasis proyek, SLCC atau Smart Learning and Character Center PGRI Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Memulai Proyek menggunakan Assemblr Studio. Dalam pelatihan tersebut praktisi Project Based Learning, Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. di Semarang Kamis (14/5/2022), menyatakan bahwa guru harus memahami metode pembelajaran berbasis proyek agar mampu memastikan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah dapat berjalan dengan baik.

"Ingat, kegiatan dalam Kurikulum Merdeka meliputi intrakurikuler, proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan dengan melatih peserta didik untuk menggali isu nyata di lingkungan sekitar dan berkolaborasi untuk memecahkan masalah tersebut. Oleh karena itu, alokasi waktu tersendiri sangat dibutuhkan guna memastikan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dapat berjalan dengan baik," jelas Saptono.

Tak kurang dari 200 Bapak Ibu guru dari pelbagai penjuru tanah air mengikuti kegiatan dengan penuh semangat hingga selesai. Hal ini tampak dari beberapa umpan balik atau tanggapan yang diterima oleh penyelenggara. 

Keterangan gambar : Survei kepuasan peserta pelatihan

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si menunjukkan data bahwa mayoritas peserta pelatihan merasa sangat puas dengan pelatihan tersebut. Ini Hasilnya.

Keterangan gambar: Survei kebermanfaatan dan relevansi pelatihan 

Dalam hal relevansi dan kebermanfaatan, sebanyak 58,2% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat relevan, 34,5% menyatakan relevan dan 6,2% menyatakan cukup relevan bagi mereka. 

Baca juga : Hidupkan Kelas Merdeka Belajar 

Salah satu peserta Pelatihan Memulai Proyek di Assemblr Studio, Rina Anggraini, S.Pd. SD,Gr guru di SD Negeri 1 Talokwohmojo menyampaikan kesannya 

"Semoga kedepan pelatihan dalam jaringan ini ini bisa terus berlanjut, jadi kita bisa belajar dari rumah tidak perlu berkumpul pada suatu tempat.," tulisnya.

Sementara dari peserta pelatihan lainnya menuliskan tanggapannya sebagai berikut

"Pelatihan ini sangat bermanfaat, Tetap dilanjutkan agar teman-teman yang lain bisa ikut merasakan. Sudah bagus dan jelas. Semoga ada pelatihan selanjutnya. Seneng ikut pelatihan ini. Pelatihan yang sangat baik dan menambah pengetahuan terhadap pembuatan media pembelajaran, berkaitan dengan minimnya kami dalam membuat animasi"


Keterangan gambar : Kesan dan pesan peserta pelatihan

Pemateri pada pelatihan ini adalah ibu Rosyidah, S.Pd., Assemblr Certified Educator  yang membagikan pengetahuan dan pengalamannya memulai proyek diAssemblr Studio kepada Bapak Ibu guru peserta pelatihan.

Posting Komentar

0 Komentar