Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hidupkan Kelas Merdeka Belajar dengan AR

Semarang, Kabar.SLCC – Pelatihan Hidupkan Kelas dengan AR atau Augmented Reality guna menyelesaikan permasalahan ketertinggalan pembelajaran (learning loss) yang berbeda-beda pada ketercapaian kompetensi siswa digelar di Smart Learning and Character Center PGRI Jawa Tengah. 

Pelatihan itu salah satunya bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan di kelas Syncronous dan Asyncronous mulai dari permasalahan media hingga materi pokok. Hadir dalam acara tersebut praktisi Kurikulum Merdeka Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. di Semarang, Kamis (7/5/2022).

"Bapak Ibu guru peserta pelatihan dipandu membuat kelas pertama dan mengundang berapapun anggota ke ruang kelas. Lalu, di dalam ruang kelas, Bapak Ibu guru dikenalkan berbagai fitur yang bisa mengunggah file & visual tambahan, menulis pesan, membagikan materi pembelajaran AR, dan berkomunikasi dengan semua anggota di ruang kelas," jelas Saptono.

Sebanyak 213 Bapak Ibu guru dari pelbagai penjuru tanah air ini sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai. Hal ini tampak dari beberapa umpan balik atau tanggapan yang diterima oleh penyelenggara. 

Keterangan gambar : Survei kepuasan peserta pelatihan

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si menunjukkan data bahwa mayoritas peserta pelatihan merasa sangat puas dengan pelatihan tersebut. Ini Hasilnya.

Keterangan gambar: Survei kebermanfaatan dan relevansi pelatihan 

Dalam hal relevansi dan kebermanfaatan, sebanyak 51,6% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat relevan, 39,4% menyatakan relevan dan 8% menyatakan cukup relevan bagi mereka. 

Baca juga : Memulai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Siti Sri Lestari, S.Pd guru SD Negeri 1 Gintungan peserta Pelatihan Hidupkan Kelas dengan Augmented Reality menyatakan

"Penyajian materi pelatihan sangat jelas," tulisnya.

Sementara dari peserta pelatihan lainnya menuliskan tanggapannya sebagai berikut

"Mantull. Penjelasan sangat bermanfaat. Bagus. Durasi jam ditambah. SUDAH BAIK. BAGUS SEMOGA TERUS ADA. Sudah bagus Trimakasih....menambah ilmu saya"

Keterangan gambar : Kesan dan pesan peserta pelatihan

Pemateri Rosyidah, S.Pd., memandu Bapak Ibu guru peserta pelatihan tentang membuat ruang kelas, cara membagikan kode kelas kepada guru atau murid saya, memanfaatkan materi pembelajaran yang disediakan Assemblr EDU.

Posting Komentar

0 Komentar