Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Membuat Video Pembelajaran Berbasis Canva

SLCCNews. Masih banyak pihak yang selama ini berpandangan bahwa guru SD itu guru yang memiliki kemampuan dan kreativitas rendah dalam menciptakan inovasi pembelajaran. Pandangan tersebut dipatahkan oleh Widyanti, Guru SDN Gunungsimping 02 Cilacap yang saat ini piawai membuat berbagai model pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar lebih menarik bagi para siswa.

Guru SD yang berhasil menunjukkan prestasi membanggakan dalam lomba Gurulympics PGRI 2020 ini membagikan kreatifitas dan inovasinya melalui Seminar online (Webinar) SLCCPGRI Jateng, Kamis (3/12). Materi yang dibagikan oleh guru yang punya Motto, "Do The Best, Be The Best" ini berkaitan dengan bagaimana membuat video pembelajaran yang ia beri nama “Pelatihan Canva”.

Kepiawaian dan kreativitas Widyanti ini tak diragukan dengan bukti kemampuanya meraih 8 medali ( 1 Emas = olah ilmu cabang J ), (3 Perak = olah ilmu cabang D,H,K ), ( 4 Perunggu= Cabang= olah ilmu cabang FLMN) Gurulympic PGRI 2020 yang belum lama ini ia ikuti.

Wakil Sekreataris PGRJ Jateng yang juga penanggung jawab PSLCCPGRI Jateng, Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd, M.Si mengaku sangat mengapresiasi kemampuan bapak ibu guru yang luar biasa. Ditampilkannya juara Gurulympics 2020 di Seminar Kamisan diharapkan dapat memotivasi dan menginspirasi guru-guru lain untuk terus belajar dan berlatih dalam upaya mewujudkan pendidikan bermutu untuk Indonesia maju.

Seminar online dengan moderator Dr. Listyaning Sumardiyani, M.Hum ini diikuti 236 guru dari berbagai wilayah di tanah air. Rasa ingin tahu dan kemauan belajar bapak ibu guru seolah mendapatkan sumber pemecahan.

Beragam pertanyaan yang muncul dari peserta antara lain; 1) Bagaimana menghilangkan suara-suara yang menggangu dalam video (Rubiyanti), 2) Untuk iringan music (backsound) apakah kita bisa upload music dari device yang kita punya (Agus Irawan), 3) Di aplikasi canva ini apakah bisa meng-cut video di tengah-tengah, lalu bagaimana bisa mengontrol kecepetan video menjadi lebih lambat atau lebih cepat (Imas Siti Kholisoh Nurjannah).

Baca juga : Dapat Ilmu Baru dari SLCC, Bermanfaat Bagi Guru

Ada juga pertanyaan tentang bagaimana agar bisa men-download aplikasi berbayar menjadi menjadi gratis (Puji, SD Kamulyan).

Semua pertanyaan dijawab dengan jelas oleh Widyanti, tetapi untuk pertanyaan terakhir, ia mengaku belum pernah melakukannya dan meminta agar kita menghargai hak cipta sesuai ketentuan yang ada. Ia juga ungkapkan saat ini masih banyak aplikasi gratis yang bisa kita manfaatkan.

“Mari kita terus belajar dan berlatih, tingkatkan kemampuan untuk dapat memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak kita. Canva for education ini sangat dianjurkan bagi para guru”, kata Widyanti. (Pur)
Selengkapnya silahkan klik tautan berikut ini

Seminar Kamisan PGRI adalah Sanggar Pelatihan Guru dalam Jaringan sejatinya  merupakan tayangan pelatihan edukasi menginspirasi baapak ibu guru di bumi pertiwi. 

Posting Komentar

0 Komentar